Screen Shot 2020-04-28 at 3.37.59 PM

CangkrUXan #10: Belajar Pentingnya Empathy di Dunia User Experience (UX) bersama Komunitas IxDA Malang

Malang, 28 April 2020. Komunitas IxDA Malang kembali menyelenggarakan event CangkrUXan ke 10 secara online. Tema yang diangkat dalam event CangkrUXan kali ini adalah “Designing With Empathy” yang dibawakan oleh Faisal Risq E, Member & Lead R&D IxDA Malang.

Event CangkrUXan merupakan salah satu event bulanan rutin yang diadakan oleh Komunitas IxDA Malang. Disampaikan oleh Anggita Satriya, Local Leader IxDA Malang saat memberikan opening speech event ini yang menyampaikan bahwa IxDA Malang memiliki beberapa program antara lain Portfolio Review, Monthly Meetup, Goes to Campus, Malang Dribbble Meetup, Workshop, Studio Visit, Book CLub dan 1 Week Design Challenge.

Empathy merupakan salah satu teknik penting yang harus dipelajari dalam dunia User Experience (UX). Empathy merupakan teknik untuk memahami user. Teknik ini mengharuskan kita untuk mempelajari lebih dalam lagi persona dari user yang akan menggunakan produk/aplikasi yang kita buat. 

Teknik ini biasa digunakan pada saat tahap riset atau interview kepada user. Dengan empathy akan membantu kita dalam memahami perilaku atau sifat dari user yang akan kita interview.

“Dengan adanya empathy akan membantu memudahkan user untuk memahami produk atau aplikasi yang kita buat.” ujar Faisal saat menyampaikan  materinya.

Faisal membantu menjelaskan 4 kualitas dari Empathy untuk memahami seorang user dari Theresa Wireman, . Pertama, “see their world”, usahakan untuk mengetahui sudut pandang dari user. Kedua, “Understand Feeling”, pahami perasaan user apakah mereka siap atau masih ada kendala sebelum melakukan interview. Ketiga, “Communicate Understanding”, berusaha untuk selalu aktif dalam mendengarkan user saat memberikan jawabanya. Keempat, “Appreciate them as human being”, ingat bahwa user yang kita interview bukan seorang robot, oleh karena itu berusahalah untuk menyiapkan tempat yang nyaman saat melakukan interview atau riset kepada user.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *