Kembar namun tak sama, UX vs CX

sumber gambar :https://www.justinmind.com/blog/the-world-of-customer-experience-and-beyond/

Hai folks, tetap semangat menjalani kegiatan hari ini? Walaupun ditengah tengah wabah? Harusnya sih tetep semangat. Nah dari pada rebahan aja penulis ingin menyajikan “si kembar namun tak sama” yaitu kembar pertama bernama UX (User Experience) dan kembar satunya adalah si CX (custumer experience) nah diantara mungkin ada yang tahu atau masih ada yang bingung? Apa sih CX itu dan apa sih UX itu ? atau juga kalian adalah pelaku dari UX dan CX? Nah dari pada bingung mari folks sama-sama kita belajar.

sumber gambar: https://www.xenonstack.com/blog/customer-and-user-experience/

Sudah pernah tahu apa itu CX(custumer experience) ? mungkin ada yang sudah atau ada yang gak paham sama sekali, CX adalah pengalaman berbagai media yang mencakup berbagai moment, seperti memberikan keluhan, memberikan dukungan, menemukan, melakukan pembelian, dan masih banyak lagi, nah dari sini mungkin kalian mulai paham kenapa UX(user experience) dan CX(customer experience) menjadi kembar namun tak sama. Kalau masih bingung ini aku kasih gambar yang mungkin bisa memberikan kalian sedikit pengertian tentang UX(user experience) dan CX(customter experience).


sumber gambar : https://digital.gov/2014/07/07/user-experience-ux-vs-customer-experience-cx-whats-the-dif/

Dari gambar tersebut terlihat jelas bahwa mereka kembar namun tetap berbeda kan? Sebenarnya yang paling penting dari si kembar(UX&CX) adalah mereka memiliki matrik sendiri sendiri, contoh nih si CX matriknya adalah

-memiliki interaksi yang menyenangkan, professional, bermanfaat untuk mewakili  perusahaa atau organisasi

– merasa secara universal positif/baik tentang pengalaman keseluruhan dengan organisasi atau perusahaan yang terlibat dengannya.

Sedangkan UX (user Experience) sendiri memilik matrik :

-user bisa menemukan sebuah informasi di website secara gampang dan tentu saja tidak buang-buang waktu

-user bisa menyelesaikan tugasya dengan tepat sasaran dan cepat.

-user bisa mencari halaman web dengan mudah.

sumber gambar :https://www.freepik.com/free-vector/business-people-showing-document-client_4530222.htm#page=1&query=result&position=3

Kesimpulamnya adalah. Dari berbagai point diatas kalian bisa menentukan kapan kalian menggunakan UX dan kapan kalian menggunakan CX,  dan yang paling penting lagi dari semua si kembar(UX&CX) adalah kalian paham tentang berbagai ruang lingkup pengalaman dan berusaha meningkatkannya, dan yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah bahwa kalian menggunakan ini semua secara sepakat dan konsisten di dalam team anda sehingga tidak terjadi gesekan.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *