70288711_169339644205628_7386313194986244946_n

Mengetahui Sejarah Singkat IxDA

IxDA atau kepanjangan dari Interaction Design Association apakah kalian sudah tahu? Mungkin beberapa orang ada yang tahu tentang komunitas ini, ada juga yang mungkin belum mengenal komunitas ini. Oke saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana ixda berdiri dan bagaimana mengawali komunitas kami. IxDA berdiri 2003 dan memiliki presiden pertama Robert Reiman, IxDA ada untuk memenuhi  kebutuhan  dibidang interaction design  yang muncul. Kami adalah komunitas pertama yang mewadahi mereka yang tertarik dalam praktik interaction design. Sekarang ixda menjadi komunitas terbesar dengan 200 kelompok local dan lebih dari 100.000 individu diseluruh dunia, komunitas kami ada untuk menjadi petunjuk bagi mereka yang tertarik di bidang design utamanya interaction design. Dan kami yakin bahwa praktek design bisa membuat dunia menjadi lebih baik. Melalui pertemuan local untuk acara dan inisiatif global, komunitas IxDA ini berkumpul dan berjejaring untuk memajukan keahlian professional kami dan meningkatkan kondisi kemanusiaan kita bersama. mungkin ada yang belum tahu tentang interaction design? Yuk mari kita bahas apa itu interaction design.

colaboration IXDA

Interaction design mendefisinikan stuktur dan perilaku system interaktif. interaction designer berusaha untuk menciptakan hubungan yang bermakna antara orang-orang dan layanan yang mereka gunakan, dari komputer sampai seluler ataupun alat lainnya.

cangkUXan

Selain itu kegiatan kami di organisasi global meliputi conferences, online forum yang menghubungkan para praktisi untuk belajar dan berbagi, Interaction Design Awards, IxDA Student Design Charette, Interaction Design Education Summit, yang menjadi satu rangkaian dengan event Interaction Week. Bagian yang paling penting disini ada membangun ekosistem interaction design. Tidak hanya itu di group local kami juga melakukan hal hampir sama termasuk kami group local ixda malang.

Kami ixda malang adalah salah satu bagian dari IxDA global, kami ingin juga menciptakan ekosistem interaction design utamanya di kota malang, atau pun mungkin Indonesia nantinya. Dimulai dari bulan januari 2019 kami mendapatkan legalitas dari pihak global untuk ikut serta dan ikut mengembangkan ekosisterm interaction design di Indonesia khususnya jawa timur. Diketuai oleh salah satu seorang yang sangat berpengalan di bidang design yaitu Anggita Satriya Kurniawan membuat kita yakin untuk bisa berkembang dan membangun ekosistem interaction design, selain itu juga di bantu oleh beberapa lead diantaranya Ratih Sih Suminar sebagai lead finance, Muhammad Jainul sebagai lead relation, Chandra Trio sebagai lead community manager, dan terakhir Faisal Risq sebagai lead R&D, serta beberapa member yang tentunya sangat berperan dalam membuat kami berkembang.

Selama setahun kami telah mengadakan beberapa agenda mulai dari meet up, konferensi, hingga ke kampus-kampus untuk berbagi pengetahuan tentang pentingnya design dalam dunia akademik untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja. Tentu saja kami tidak akan berhenti untuk bisa membangun ekosistem interaction design di Indonesia khusus nya Kota Malang, agar ada talent-talent interaction designer yang handal.  Dan bisa membantu kami untuk ikut serta dalam meimplementasikan visi misi organisasi, baik global ataupun visi misi kami. Itulah sedikit cerita dari kami, semoga kalian bisa paham ya… 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *