WhatsApp Image 2019-11-26 at 21.05.31

Acara Design Trail: Wadah Aspirasi dan Diskusi Tentang “Design” dalam Rangkaian Malang Desing Wave 2019

Malang, 26 November 2019. Malang Design Wave kembali menggelar rangkaian acara lanjutan ketiga mereka yaitu Design Trail di DILo Malang. Acara ini bertujuan untuk mewadahi aspirasi sekaligus ajang diskusi tentang karya-karya desain dari segala macam bidang yang ada.

Acara ini mendatangkan 4 bintang tamu yaitu Affan Hakim (Odigiro), Arief Setyo W. (Typia Nesia Studio), Krisnawa Adi B. (Polamata), dan Taufan Pradana (The Mastej) yang dimoderatori oleh Anggita Satriya, Ketua Komunitas IxDA Kota Malang.

Malang Design Wave merupakan sebuah event di bidang desain yang diselenggarakan oleh kolaborasi antara akademisi, pemerintah, bisnis, dan komunitas yang ada di Kota Malang.

Malang Design Wave tahun ini mengangkat tema “Between Visual and Usefulness” dengan beberapa event yaitu Exhibiton, Workshop, Design Trail, Conference, dan Awarding.

Berbeda dengan 2 acara yang sudah dilaksanakan, acara Design Trail fokus untuk menyampaikan aspirasi dan diskusi mengenai design dari sisi Akademisi dan Non Akademisi.

Dalam hal ini, terdapat beberapa keresahan dari sudut pandang Non Akademik yang dimana mereka mengakui banyak fresh graduate yang masih belum siap untuk terjun didunia kerja.

Saya merasa kata kolaborasi itu memiliki arti terdegradasi kalau misalkan saya menerima ajakan mari kita susun dalam sebuah kalimat

“Masih belum siap untuk bersaing didunia kerja, karena masih memiliki portfolio yang kurang update, bahkan ada fresh graduate yang mengirim lamaran tanpa mengerim portfolio.” ujar Arief saat menjelaskan keluh kesahnya tentang fresh graduate saat ini.

Oleh karena itu, Arief ingin agar acara seperti Malang Design Wave ini untuk sering diadakan, karena bisa mempertemukan sudut pandang antara pihak Akademesi dan Non Akademisi untuk mencari solusi dan jalan tengah dari permasalahan yang ada.

Masalah akademis erat kaitanya dengan Ijazah. Terdapat suatu pertanyaan apakah Ijazah pada saat ini masih dibutuhkan didunia kerja dalam bidang design?

“Tidak dibutuhkan.” jawaban singkat Affan saat merespon pertanyaan dari audience.

Saat ini telah datang era “kolaborasi” dimana semua individu memiliki kesempatan untuk mendapatkan kerja yang diinginkannya. Oleh karena itu, dalam bidang design, kita diwajibkan untuk maksimalkan portfolio yang bagus dan soft skill untuk branding diri kita.

Melihat hal tersebut, pihak akademisi yang kali ini sekaligus diwakilkan oleh Anggita Satriya yang juga menjabat sebagai dosen disalah salah Universitas yang ada di Kota Malang menyampaikan bahwa saat ini, para Mahasiswa sudah diarahkan untuk sering membuat sebuah karya yang tidak hanya bagus, namun juga memiliki landasan data kenapa mereka membuat karya tersebut agar portfolio mereka dapat bersaing dengan para profesional.


Penulis: Achmad Faridul Himam

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *